Pengertian monitor komputer LCD

Monitor Liquid Crystal Display (LCD)

Monitor Liquid Crystal Display (LCD) sangat mahal daripada CRT konvensional dan oleh karena itu umumnya hanya digunakan di Laptop dan perangkat serupa. Namun belakangan ini harga monitor LCD telah turun drastis. Saat ini harganya terjangkau bahkan untuk pengguna kelas bawah. LCD masih lebih mahal daripada jenis monitor lain di pasar kontemporer. Tetapi konsumen menemukan banyak keuntungan di dalamnya. Terutama efisiensi energi yang meyakinkan konsumen untuk memilih LCD meskipun harganya lebih mahal. Monitor yang ramping dan bergaya sekarang banyak dicari produk karena keunggulan kualitatif yang dimilikinya di atas kategori lainnya.

Monitor LCD tersedia dalam berbagai ukuran antara 17 hingga 26 inci. Sebagian besar adalah monitor 17 hingga 19 inci yang banyak digunakan untuk tujuan normal. Para pengguna yang menginginkan tampilan layar lebar, gaming dan grafis mencari ukuran yang lebih besar yaitu 19 inci ke atas. Selain ukuran monitor, ada beberapa faktor yang penting lainnya yang harus dipertimbangkan saat memilih monitor ini. Resolusi asli sangat relevan. Ini mewakili jumlah piksel yang ditampilkan secara horizontal dan vertikal di layar. Misalnya resolusi asli 1920 x 1080 dalam monitor 23 inci dianggap memadai. Resolusi yang lebih rendah akan menghasilkan gambar yang kabur dan tidak proporsional. Tetapi untuk penggunaan komputer dasar, resolusi asli tidak terlalu penting karena resolusi yang tidak memadai tidak akan berdampak banyak pada kerja sistem. Ketika datang ke film, game atau resolusi layar grafis akan memainkan peran yang sangat penting untuk memberikan ruang layar yang ditingkatkan serta gambar yang tajam.

Monitor LCD TV

Rasio kontras, waktu respons, dan rasio aspek adalah faktor lain yang sangat relevan dalam pemilihan monitor. Rasio antara warna paling gelap dan paling terang di layar dikenal sebagai rasio kontras. Response time merupakan waktu yang dibutuhkan untuk gambar muncul melalui kristal cair. Rasio aspek adalah proporsi antara panjang horizontal dan vertikal gambar yang muncul di layar. Layar konvensional akan memiliki rasio aspek 4:3 sedangkan layar lebar akan memiliki 16:9 atau 16:10. Nanti berlaku untuk tampilan definisi tinggi. Terlepas dari fitur yang disebutkan di atas, sudut pandang merupakan faktor penting. Sudut pandang minimum 160 derajat diperlukan untuk menawarkan tampilan yang nyaman terutama ketika beberapa orang menonton monitor bersama-sama. Antarmuka adalah fitur lain yang harus dipertimbangkan saat membeli monitor LCD. Sebagian besar monitor dilengkapi dengan koneksi kabel VGA yang merupakan koneksi video analog standar untuk PC. Untuk antarmuka digital, konektivitas DVI sangat penting. Monitor LCD modern hadir dengan antarmuka HDMI yang merupakan koneksi standar untuk tampilan definisi tinggi.

Monitor LCD sekarang sangat populer di kalangan konsumen. Tren ini tercermin dalam membanjirnya produk di pasar. Beberapa monitor kualitas terbaik yang banyak dijual di Inggris berasal dari produsen terkemuka seperti ACER, HP, LG, NEC dan Samsung. Ada beberapa merek lain seperti VIEW SONIC, DELL, FUJITSU, SANYO dan TOSHIBA yang juga populer di pasar global. Konsumen dapat mengunjungi situs web yang relevan secara eksklusif yang berhubungan dengan monitor ini yang dapat menawarkan informasi otentik tentang produk seperti model, merek, fitur yang disertakan, dan perbandingan harga. Ulasan independen akan membantu konsumen untuk mengevaluasi produk dan memilih salah satu tergantung pada kebutuhan spesifik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url