Cara Menjaga Layar Monitor LCD Supaya Tetap Sehat

Cara menjaga kebersihan LCD pada PC

Kalau Kamu memiliki komputer atau laptop-maka ada kemungkinan Kamu juga memiliki layar komputer LCD. Monitor LCD adalah salah satu bagian komputer yang paling rapuh dan mahal, oleh karena itu, menanganinya dengan hati-hati.

Layar monitor LCD terbuat dari softfilm yang mudah rusak oleh debu, sidik jari, noda bahkan goresan kecil sekalipun. Bahkan, membersihkan monitor LCD yang kamu miliki secara tidak benar dapat menyebabkan kerusakan yang sangat merugikan. Oleh karena itu, untuk memperpanjang umur komputer Kamu, penting untuk mempelajari cara menjaga kebersihan layar komputer.

Tips-Tips berikut akan memandu Kamu tentang cara terbaik untuk membersihkan dan Merawat monitor LCD Kamu dan melindungi investasi teknologi tinggi Kamu.


Cara Menjaga Layar Monitor LCD Supaya Tetap Sehat

  • Jangan pernah menyentuh atau menekan layar komputer LCD dengan tangan Kamu, Karna hal itu Bisa meninggalkan noda berminyak dan bahkan mungkin menyebabkan piksel terbakar.
  • Jangan pernah menggunakan Handuk yang keras, tisu, atau bahkan handuk untuk membersihkan monitor Kamu. Tekstur ini dapat menggores layar Kamu dan merusaknya secara permanen.
  • Gunakan kain lembut, seperti t-shirt lama yang sobek, saputangan katun bekas, atau kain mikrofiber untuk membersihkan debu dan layar. Kamu juga dapat membeli kain serta pembersih layar komputer yang dibuat khusus untuk membersihkan layar komputer.
  • Selalu matikan monitor sebelum mencoba membersihkannya. Ini akan memudahkan Kamu melihat noda kotor dan akan mencegah pelarut pembersih yang Kamu gunakan menguap dengan cepat dan/atau menggores.
  • Banyak ahli menyarankan agar Kamu membeli pembersih layar monitor yang dibuat khusus untuk membersihkan layar komputer, seperti Klear Screen. Namun jika Kamu ingin membuat solusi sendiri sebagian besar ahli menyarankan agar kamu menggunakan campuran 50/50 air suling dan alkohol isopropil yang dapat digunakan untuk membersihkan layar LCD, monitor, atau TV apa pun.
  • Jangan pernah menyemprotkan larutan pembersih apa pun langsung ke monitor LCD Kamu, sebagai gantinya, semprotkan pada kain Kamu dan usap dengan lembut dengan gerakan melingkar.
  • Pastikan Kamu mengeringkan monitor sepenuhnya sebelum menyalakannya kembali.
  • Jangan pernah menggunakan air keran karena mungkin mengandung bahan kimia atau garam yang dapat meninggalkan residu.


Jika Kamu mengikuti tips ini, Kamu akan menikmati layar komputer Kamu selama bertahun-tahun yang akan datang.

Kamu disarankan untuk merujuk ke manual pabrikan sebelum mencoba membersihkan layar LCD Kamu. Pabrikan dapat merekomendasikan merek pembersih LCD tertentu untuk digunakan dengan produk mereka. Mungkin juga ada jenis bahan pembersih tertentu yang tidak boleh digunakan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url