Apa itu Anime? Berikut Penjelasannya

 

KYN

Anime adalah singkatan dari kata animasi. Dalam bahasa Inggris, sumber kamus utama mendefinisikan anime sebagai "gaya animasi gambar bergerak Jepang" atau "gaya animasi yang dikembangkan di Jepang". Karena anime atau animçshon digunakan untuk menggambarkan semua bentuk animasi, Japanimation digunakan untuk membedakan karya Jepang dari karya lain di dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, anime juga sering disebut sebagai manga di negara-negara Eropa, sebuah praktik yang mungkin berasal dari penggunaan Jepang: Di Jepang, manga dapat merujuk pada animasi dan komik (walaupun penggunaan manga untuk merujuk pada animasi adalah sebagian besar terbatas pada non-penggemar).

Anime sering mendapat pengaruh dari manga, novel ringan, dan budaya lain. Anime dapat ditayangkan di televisi dan disebarluaskan melalui media presentasi apapun, seperti DVD, video dan internet. Anime kadang-kadang disebut sebagai Japanimation, tetapi istilah ini tidak digunakan lagi

Ketika datang ke negara-negara yang berada di luar Jepang, kata tersebut dikenal paling populer merujuk pada animasi yang berasal dari Jepang.

Namun, jika Anda melakukan perjalanan ke barat, Anda akan menemukan bahwa kata anime tidak selalu dianggap mengacu pada animasi tetapi dianggap sebagai bagian dari animasi.

Anime tersedia di luar Jepang dalam bentuk lokal. Anime juga telah sukses secara komersial di Asia, Eropa dan Amerika Latin, di mana anime telah menjadi lebih mainstream daripada di Amerika Serikat.

Anime menampilkan berbagai macam gaya artistik. Ada beberapa anime yang digambar dengan tangan namun ada juga yang merupakan animasi berbantuan komputer yang sebenarnya telah menjadi sangat populer selama bertahun-tahun.

Anime atau manga cenderung menyasar remaja atau pria dewasa muda. Anime sering dianggap sebagai bentuk animasi terbatas. Ketika datang ke anime, itu sama seperti media hiburan lainnya di mana alur cerita yang sebenarnya digunakan untuk benar-benar mewakili genre utama dari fiksi yang sebenarnya.

Ada banyak cara untuk menonton anime karena ditayangkan di televisi dan didistribusikan di media yang sering dikenal sebagai DVD dan VHS dan juga termasuk dalam video game yang dimainkan oleh orang dewasa seperti serta anak-anak.

Bahkan ada beberapa anime yang diproduksi sebagai film yang full length. Diketahui bahwa anime sebenarnya menarik pengaruhnya dari apa yang dikenal sebagai manga serta novel ringan dan budaya tertentu lainnya juga.

Ada juga beberapa alur cerita anime yang sebenarnya telah diadaptasi menjadi apa yang dikenal sebagai film live action dan juga serial televisi.

Sejarah sebenarnya anime diketahui telah dimulai pada awal abad kedua puluh. Ini adalah waktu sebenarnya para pembuat film Jepang bereksperimen dengan teknik animasi. Jenis animasi ini juga pada waktu itu sedang diujicobakan di negara lain seperti Prancis dan Jerman serta Rusia dan Amerika Serikat juga.

Sebagai hasil dari karya ini dan pionir lain di bidang ini, anime mengembangkan karakteristik dan genre yang merupakan elemen fundamental dari seni saat ini.

Anime menjadi sangat populer di Jepang karena menyediakan jalan keluar alternatif untuk seni bercerita. Sangat kontras jika dibandingkan dengan industri live action yang belum berkembang yang saat ini digunakan di Jepang.

Di Amerika Serikat saat itu industri live action memiliki anggaran yang besar, sedangkan negara Jepang memiliki pasar yang kecil dan mereka juga mengalami masalah penganggaran serta lokasi dan belum lagi pembatasan yang ditempatkan pada casting.

Animasi yang dipengaruhi anime mengacu pada karya animasi non-Jepang yang meniru gaya visual anime. Beberapa pihak berwenang mengatakan bahwa Anime terkait erat dengan komik Jepang, yang disebut manga. Anime juga cenderung meminjam banyak elemen dari manga termasuk teks di latar belakang, dan juga meminjam tata letak panel dari manga.

Banyak serial anime memulai sebagai manga populer. Anime sering memancing pemikiran dan memberikan dasar yang sangat baik untuk mengangkat isu-isu penting dengan anak-anak Anda. Beberapa alur cerita anime telah diadaptasi menjadi film live action dan serial televisi

Anime meledak ke tempat kejadian pada bulan September 1963, ketika NBC mensindikasikan versi yang di-dubbing dari serial Jepang Astro Boy. Anime robot seperti Gundam dan Macross menjadi klasik instan di tahun 80-an, dan genre robot anime masih menjadi salah satu yang paling didengar di Jepang dan di seluruh dunia saat ini.

Pada 1980-an, anime diterima di arus utama di Jepang, dan mengalami ledakan produksi (Perlu diperhatikan bahwa, manga memiliki eksposur arus utama yang jauh lebih besar daripada anime di Jepang). Pertengahan hingga akhir 90-an, hingga 2000-an, melihat peningkatan penerimaan anime di pasar luar negeri.

Ada banyak buku yang tersedia yang dapat membantu menyempurnakan gaya menggambar anime. Buku-buku tersebut dilengkapi dengan informasi dan instruksi tentang gaya yang digunakan dalam anime.

Pendekatan umum adalah gaya mata besar yang digambar pada banyak karakter anime dan manga, yang dikreditkan ke pengaruh Osamu Tezuka, yang terinspirasi oleh fitur berlebihan dari karakter kartun Amerika seperti Betty Boop dan Mickey Mouse dan dari Disney's Bambi.

Meskipun tidak semua anime memiliki mata besar, banyak penonton barat mengasosiasikan anime dengan mata besar yang detail karena banyak komik shounen atau anak laki-laki dan komik shoujo gadis muda menggambarkan karakter mereka dengan mata besar.

Elemen gaya lainnya juga umum; Seringkali dalam anime komedi, karakter yang terkejut atau terkejut akan melakukan "face fault", di mana mereka menampilkan ekspresi yang sangat berlebihan.

Dalam anime, garis-garisnya sering lebih dipengaruhi dari tampilan gaya dari sapuan kuas, daripada pena kaligrafi. Ini paling baik ditunjukkan di anime Karekano.

Anime juga dapat diedit untuk mengubah referensi budaya yang mungkin tidak dipahami oleh orang non-Jepang dan perusahaan tertentu dapat menghapus konten yang dianggap tidak pantas.

Anime juga menyediakan jendela ke budaya lain. Anime tampaknya berfungsi sangat efektif sebagai duta budaya.

Anime memiliki penggemar khusus yang mengikuti di negara-negara berbahasa Inggris, terutama aktif di Internet, dan di konvensi yang diadakan secara teratur di seluruh AS dan Inggris.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url