apa itu screen saver dan fungsinya

apa itu screen saver dan fungsinya


Anda semua pasti sudah familiar dengan screensaver, bukan? Namun sayangnya, ada orang-orang yang kurang mengerti fungsi dan arti dari screensaver. Maka itu, hari ini saya akan membahas tentang screensaver.

Screensaver, adalah salah satu software yang didesain untuk siap digunakan setelah Anda menginstall Operating System Anda. Seperti namanya, fungsi utama screensaver adalah untuk melindungi layar dari screen burn.

Mungkin screen burn merupakan kata yang kurang dikenal, namun setahu saya, cukup sering terjadi. Lebih dikenal dengan sebutan ‘layar komputer yang rusak’. Biasanya ditandai dengan layar yang warnanya mulai pudar, berbayang, pencahayaan yang tidak seimbang, atau warnanya tidak sesuai dengan yang seharusnya. Hal ini disebabkan oleh layar yang menampilkan gambar yang tidak bergerak dalam waktu lama, sehingga membuat komponen dalam layar yang berfungsi untuk memunculkan gambar, kehilangan fungsi cahayanya. Dan hal ini akan terus berlanjut dan mengurangi kualitas gambar yang muncul.

Nah, untuk menjalankan tugasnya, screensaver memunculkan gambar yang bergerak atau layar hitam. Gambar bergerak untuk membuat layar ‘bekerja’. Sedangkan layar hitam untuk membuat layar ‘beristirahat’. Keduanya adalah cara untuk menghindari screen burn.

Contoh screensaver gambar bergerak, antara lain, ‘Bubbles’ yang disediakan oleh Windows sejak Windows Vista, atau sekedar slideshow. Nah, inilah salah satu fungsi sekunder screensaver. Sekedar untuk hiburan.


sumber : kompknowledge
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url